HAL TERPENTING DARI JAKET KOMUNITAS

Bagi suatu komunitas, jaket komunitas lebih dari sekadar bukti eksistensi. Produk garmen ini merupakan bentuk fisik identitas dan karakter kelompok serta pengikat bagi para anggotanya.

Komunitas menjadi sebuah wadah bagi sekelompok orang yang memiliki berbagai perbedaan latar, tetapi disatukan oleh beberapa hal spesifik yang menjadi kesamaan. Kesamaan yang dimaksud pun beragam—boleh jadi dari kesamaan lokasi geografis, kegemaran, ketertarikan, dan lain-lain. Adapun kesamaan tersebut yang kerap menjadi identitas dari sebuah komunitas.

Bicara soal identitas, salah satu cara yang dapat menjadi simbol identitas sebuah komunitas adalah melalui pakaian seperti jaket. Produk garmen yang satu ini cenderung lebih mudah digunakan (versatile) dibandingkan beberapa lainnya seperti kaus atau kemeja. Jaket komunitas yang berfungsi sebagai luaran juga dapat digunakan di berbagai suasana.

PENTINGNYA JAKET KOMUNITAS

Kamu pastilah tidak asing dengan jaket komunitas. Mulai dari komunitas di lingkungan sekolah, perguruan tinggi, hingga perkumpulan penggemar motor dan mobil, banyak yang menggunakan jaket dengan identitas komunitasnya di beberapa bagian.

Mengapa demikian?

Komunitas merupakan kelompok sosial yang ada di masyarakat dan tersusun dari beberapa individu yang berinteraksi atas dasar kesamaan ketertarikan maupun asal. Melalui komunitas, masing-masing individu yang tergabung di dalamnya dapat saling membantu sehingga dapat berkembang bersama pula.

Di samping ketertarikan yang lebih bersifat abstrak, komunitas juga memerlukan suatu ‘pengikat’ lainnya dalam wujud yang lebih nyata. Adapun salah satu bentuk pengikat yang paling banyak digunakan adalah jaket. Maka dari itulah, tak heran jika kamu menemui banyak pengguna jaket dengan desain khusus yang merepresentasikan sebuah identitas kelompok tertentu.

Namun, masih ada banyak fungsi jaket komunitas lainnya. Berikut adalah beberapa diantaranya.

MENJADI LAMBANG IDENTITAS

Fungsi utama jaket komunitas adalah sebagai lambang identitas suatu kelompok sosial tersebut. Dengan begitu, komunitas dapat makin dikenal secara luas.

Seperti contoh, seorang anggota komunitas A mengenakan jaket komunitas dengan simbol atau informasi terkait komunitas tersebut yang tercetak di permukaan bahan jaket. Saat dia berada dalam lingkungan baru, besar kemungkinan orang-orang di sekitarnya akan memperhatikan dan mengamati hal tersebut. Mereka yang sebelumnya bahkan tidak mengetahui keberadaan komunitas tersebut pun akhirnya mulai menyadari.

Selain itu, desain jaket juga dapat menunjukkan karakter yang ingin ditampilkan oleh komunitas tersebut. Umumnya, komunitas telah mempunyai logo masing-masing yang tiap elemen warna maupun gambarnya mempunyai makna tersendiri. Hal tersebut dapat dituangkan ke dalam bentuk jaket komunitas untuk makin mengukuhkan karakter tersebut di mata publik.

MENGAKRABKAN SESAMA ANGGOTA

Latar belakang dan karakter tiap anggota komunikasi tidak selalu sama. Meski ‘diikat’ dalam sebuah kesamaan, tak jarang tetap ada gap yang terjadi antara anggota yang satu dengan lainnya tetap terjadi. Jaket komunitas dapat meminimalkan terjadinya kerenggangan tersebut. Bahkan, sesama anggota yang tidak pernah saling berkenalan pun dapat merasa akrab seketika karena kesamaan jaket yang dikenakan. Misalnya saja, A merupakan anak komunitas motor X di kota B, sedangkan C merupakan anak komunitas X di kota D. Mereka yang bahkan tak pernah bertemu pun tetap dapat saling memberi support melalui tanda klakson saat berpapasan.

 

MENUNJUKKAN KEBANGGAN DAN EKSISTENSI

Jaket komunitas juga dapat menjadi kebanggan tersendiri bagi anggotanya. Karena itu, jaket tersebut bahkan senantiasa dikenakan bahkan ketika berada dalam forum maupun kesempatan yang tak berkaitan sama sekali.

Tentunya, pembuatan jaket komunitas juga harus dilakukan di tempat yang tepat. Di, kamu bisa membuat jaket untuk komunitasmu dengan custom desain berikut dengan free pembuatan desainnya. Kami juga memiliki banyak pilihan material terbaik untuk membuat jaket komunitasmu jadi lebih keren. Yuk tunggu apalagi !

Open chat
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?