PROSEDUR DESAIN KAOS

APA ITU DESAIN KAOS?

Desain Kaos adalah proses menciptakan rancangan kaos yang sesuai dengan kebutuhan sebelum kaos dicetak. Proses desain kaos meliputi pemilihan jenis kaos yang akan digunakan, sampai grafis yang nantinya akan disablon di kaos tersebut. Desainer dalam membuat kaos perlu cermat dalam membuat desain kaos yang baik.

Jadi alangkah baiknya seorang desainer mengerti cara memberi sebuah pesan dengan desain kaos yang cocok dengan pemakainya. Agar orang yang menggunakan kaos tersebut tidak disalahartikan tentang identitasnya.

Teknis Desain Kaos

~ Pahami lebih dulu alasan membuat kaos

Ada beberapa alasan untuk membuat desain kaos berdasarkan penggunaannya diantara lain adalah Kaos untuk aktifitas di rumah, kaos untuk aktifitas diluar ruangan untuk kerja, Kaos Couple untuk hadiah Percintaan, Kaos untuk Event, dan Kaos untuk organisasi. Masing-masing memiliki desain yang berbeda. Misal kaos untuk aktifitas di rumah bahannya lebih nyaman, biasanya lebih polos tanpa gambar.

~ Mencari Inspirasi desain kaos

Inspirasi desain kaos berikut vendor konveksi kaos yang membuka jasa sablon kaos bisa ditemukan di bikin.co. di kategori Fashion dan Aksesoris, di bagian Pakaian. Di sana ada banyak jenis kaos yang beraneka ragam dengan berbagai range harga. Mulai dari kaos lengan pendek, kaos lengan panjang, kaos pola lengan pendek, kaos pola lengan panjang, sampai dengan kaos anak-anak. Bisa langsung konsultasi lebih dulu tentang desain kaos yang ingin dibikin dengan vendor konveksi kaos di sana. Dengan senang hati mereka akan senang melayani.

~ Tentukan warna kaos yang akan digunakan

Dalam psikologi, warna mempunyai arti dan pribadi tersendiri. Vendor kaos umumnya menawarkan warna kaos yang beraneka ragam. Sebagai seorang desainer, kita harus bisa memilih warna kaos yang mewakili arti dan pribadi dari pengguna pakaiannya. Misalkan warna kaos merah dapat memberi kesan pemakainya bergairah dan berenergi, sedangkan kaos berwana putih memberi kesan murni dan bersih, warna kaos hijau memberi kesan  suasana yang alami dan santai, warna kaos biru memberi kesan ketenangan dan bijak.

Sedangkan warna kaos hitam memberi kesan kelam dan gelap, kaos berwarna kuning memberi makna ceria dan ingin menimbulkan hasrat untuk bermain, sedangkan warna kaos coklat memberi kesan nyaman dan aman, warna kaos ungu memberi kesan mewah dan keagungan, sedangkan warna kaos merah muda memberi arti romantis dan feminim.

~ Tentukan Desain Grafis pada kaos

Ada beberapa jenis desain grafis yang bisa dilekatkan pada kaos. Bisa jadi itu sebuah ilustrasi, sebuah tulisan, atau pun gabungan dari ilustrasi dan tulisan. Maknanya pun punya beraneka rupa, mulai tujuannya hanya sekedar ornamen seni pada kaos, simbol yang mewakilkan pengguna/pembuat kaos tersebut, sampai pesan propoganda.

Style dari desain grafisnya sendiri juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

~ Langsung coba desain menggunakan software yang ada atau minta bantu orang lain untuk desain

Kalau belum ahli dalam menggunakan software tersebut bisa belajar dari tutorial di youtube, atau meminta bantuan orang lain untuk mendesain kaos tersebut. Buat 2 file desain, pertama ada file desain grafis yang ingin di sablon pada kaos dan kedua adalah file dari mockup kaos dengan letak desain grafis pada kaos tersebut. Tujuannya agar file desain grafis tidak pecah ketika di sablon nanti oleh konveksi yang mengerjakan.

Oh iya, SLM Koveksi juga siap membantu mendesainkan kaos sesuai keinginan anda loh ! Yuk buat kaos mu sekarang juga di SLM Konveksi.

Open chat
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?