PENJELASAN SABLON DTF

Apa itu Sablon DTF ?

 

Sablon digital DTF atau sablon DTF adalah teknik sablon digital yang menggunakan printer untuk alat mencetak gambar full color sesuai yang di edit di komputer lalu diaplikasikan di kain dengan cara dipress di mesin press kaos dengan suhu tertentu.

DTF adalah metode sablon yang menggunakan tinta khusus untuk mentransfer gambar keatas kertas fim dengan bantuan lem powder / bubuk lem sebagai perekat untuk menghasilkan gambar diatas kaos atau media lainnya.

Kelebihan dan kekurangan sablon DTF

Sablon DTF juga mempunyai keunggulan dan kekurangan tersendiri. Apakah kalian ada yang tahu tentang keunggulan dan kekurangan dari sablon DTF sebelumnya?

Disini saya akan jelaskan tentang keunggulan dan kekurangan dari sablon DTF tersebut.

Kekurangan

Mudah mengkerut jika terkena setrika secara langsung ketika baju di setrika, kalian harus melapisi sablon dengan kain lain untuk menyetrika kaos kalian.

Gampang migrasi warna. Migrasi warna setelah print di press biasanya akibat tinta putih yang kurang pekat, sehingga warna baju tembus ke warna sablon DTF sehingga warna sablon DTF migrasi ke warna kaos

Sablon DTF hanya sangat cocok untuk kain seperti cotton combed.

Terkadang para penyablon sering mengalami masalah pada mesin, kadang mesin kurang maximal atau kendala lain yang menyebabkan hasil DTF tidak maximal. Dan untuk menghapus sablon DTF sangatlah susah karena sudah direkatkan dengan lem adhesive powder dan di press dengan suhu tertentu.

Kelebihan

Bisa cetak sablon satuan. Karena menggunakan printer dan dicetak diatas pet film maka dari itu dtf dapat dicetak satuan dengan biaya yang sangat minim dibanding dengan cetak sablon manual.

Keunggulan dari DTF adalah dapat mencetak full color dalam satu cetak dan tanpa menambah biaya seperti sablon manual. warna – warna yang akan dicetak bisa diedit lewat aplikasi edit foto.

Mencetak sablon DTF hanya memerlukan waktu yang sangat singkat dan praktis, karena dicetak diatas pet film kemudian di press dengan menggunakan mesin press.

Sablon DTF ini sangatlah lentur dan lembut hasilnya jika dicetak dengan maximal, dan hampir sama dengan sablon plastisol

Sablon DTF tidak mudah rusak atau luntur karena sablon DTF dibluri lem perekat adhesive powder, yang berfungsi merekatkan tinta tdf ke baju atau kain.

Sablon DTF dapat digunakan di berbagai media, contohnya baju, sepatu, totebag, jaket dan lain sejenisnya, asalkan media yang akan disablon bisa tahan panas.

Di SLM Konveksi lebih sering digunakan di media baju yaiu kaos dan polo. Terima kasih anda sudah membaca artikel kami dan jangan lupa jika mau kerja sama perihal sablon atau bordir jangan segan-segan hubungi kami.

Open chat
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?