Memahami Belahan Tersembunyi Pada Kemeja Kerja

Tahukah Anda bila kemeja tertentu memiliki satu pola jahitan yang kerap tak diperhatikan oleh pemakainya? Ya, bagian tersebut adalah belahan tersembunyi alias belahan buta pada kemeja. Belahan ini berfungsi sebagai bukaan dan penutup dari suatu pakaian yang mana sekilas tak kasat mata bentuknya.

Belahan tersembunyi pada kemeja yang terletak di bagian depan ini justru membuat pemakaianya akan terlihat lebih rapi dan formal. Berikut fakta-fakta soal belahan tersembunyi pada kemeja kerja dan fungsinya yang mungkin belum Anda ketahui.

Sebagai Bukaan Kancing Depan

Belahan tersembunyi umumnya terdapat di bagian tengah depan, tengah belakang, ujung lengan atau bagian lainnya pada pakaian.Belahan tersembunyi ini berfungsi sebagai tempat menjahit kancing.

Lapisan Kain Bagian Dalam untuk Kancing

Tujuan dibuatnya belahan secara berlapis ini, tak lain adalah untuk menempelkan kancing beserta deretan lubangnya. Jadi, lapisan kain yang terdapat pada bagian dalam belahan berfungsi untuk menempatkan lubang kancing, semenatara bagian luarnya untuk menyembunyikan kancing pada kemeja.

Jenis Kancing yang Digunakan

Kemeja dengan belahan tersembunyi biasanya menggunakan kancing yang berbentuk pipih, sehingga ukurannya lebih kecil agar mudah dimasukkan pada lubang kancing yang dibuat memanjang.

Bahan Kain untuk Belahan Tersembunyi

Pada umumnya sama dengan bahan utama dari kemeja itu sendiri. Namun, bila bahan kemeja terlalu tebal, Anda bisa menggunakan alternatif kain furing yang senada untuk belahan tersembunyi.

Belahan Tersembunyi Banyak Digunakan Kemeja Pria

Hal ini lantaran pria akan terlihat lebih rapi, maskulin, serta formal dengan kemeja dengan belahan tersembunyi.

Namun, belahan tersembunyi juga bisa disematkan pada kemeja wanita atau anak-anak, kok. Nah itu dia pemahaman belahan tersembunyi pada kemeja. Yuk buat seragam kerja anda di SLM Konveksi.

Open chat
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?