Macam-macam Seragam Medis beserta Kegunaannya

Anda termasuk karyawan di sektor rumah sakit? Pastinya sudah familier dengan sejumlah jenis seragam medis yang kerap digunakan baik oleh dokter maupun perawat dan pasien. Penggunaan seragam medis ini, tujuannya adalah untuk membedakan antara dokter dengan staf lainnya, serta kegunaan dari seragam itu sendiri. .

Berikut ini 4 jenis seragam medis yang kerap digunakan oleh para karyawan di bidang kesehatan, khususnya yang bekerja di Rumah Sakit.

~ Seragam Perawat dan Jas Dokter

Biasanya, dokter akan memakai jas berwarna putih, yang memiliki saku pada beberapa bagian. Saku tersebut fungsinya untuk menyimpan barang-barang kecil yang dibutuhkan ketika memeriksa pasien, seperti senter, pulpen hingga stetoskop. Sementara itu, untuk perawat biasanya mengenakan seragam serba putih dan dilengkapi dengan cap, semacam topi khas. Mereka mengenakan cap untuk menjaga kerapian rambut dan penampilan saat menangani pasien.

~ Baju Pasien

Selain staff, pasien juga biasanya mengenakan seragam medis yang kebanyakan terbuat dari bahan kain Katun. Pakaian ini juga telah didesain sesimpel mungkin agar memudahkan pasien untuk bergerak dan diperiksa oleh dokter dan perawat, seperti bermodel kancing depan atau berbentuk kimono.

~ Baju ruang operasi

Pakaian ini biasanya memiliki model lengan pendek disertai dengan bawahan berupa celana panjang dan longgar.

Ciri khas lainnya memiliki bentuk kerah v neck atau round neck. Scrub didesain untuk meminimalisir terjadinya kontaminasi dan agar mudah ketika dicuci.

~ Baju tindakan operasi

Biasanya, dokter dan perawat mengenakan pakaian yang steril dan berbentuk apron. Selain itu, mereka juga melengkapi diri masing-masing dengan masker, penutup kepala, serta sarung tangan. Hal ini untuk menjaga diri mereka dan tentu saja menghindarkan pasien yang dioperasi dari zat-zat berbahaya.

Nah, itulah macam-macam seragam medis  yang perlu Anda ketahui. Terlebih jika sedang mencari pakaian untuk staf kesehatan. Untuk memenuhi kebutuhan Anda akan seragam, SLM Konveksi dapat membantu.

umber :

https://www.medicalogy.com/blog/aneka-ragam-seragam-rumah-sakit/

https://www.kobehealthcare.id/4-macam-macam-medical-wears-ini-banyak-digunakan-rumah-sakit/

 

Open chat
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?