Makna dari Warna Seragam Sekolah di Indonesia

Memakai seragam sekolah, sudah menjadi hal yang wajib bahkan lazim dilihat di setiap negara, termasuk di Indonesia. Setiap institusi pendidikan mewajibkan anak didik mereka untuk memakai seragam sekolah, yang memiliki desain dan warna yang sama dan khas.

Tujuan diwajibakannya mengenakan seragam sekolah ialah, untuk membedakan tingkatan pendidikan, melatih kedisiplinan, menghilangkan kesenjangan sosial, serta menjadi ciri khas dari jenjang pendidikan tersebut.

Namun, sudah tahukah Anda arti dan makna dari warna seragam sekolah di Indonesia, yang dikenal memiliki beberapa jenis untuk setiap tingkatannya?

~ Warna Merah untuk Seragam Sekolah Dasar (SD)

Siswa SD biasanya mengenakan seragam sekolah yang mana bawahannya berwarna merah, dengan badge khas Sekolah Dasar. Ternyata, warna merah ini memiliki arti dan makna.

Warna merah pada seragam sekolah siswa SD, yang ada di rentang usia 6-12 tahun, menjadi simbol keceriaan. Pada usia itu, mereka sedang bersemangat bereksplorasi apa saja yang ada di lingkungan mereka melalui rasa ingin tahu.

Sehingga, anak-anak yang mengenakan seragam sekolah SD berwarna merah ini menyimbolkan keceriaan dan keaktifan mereka dalam belajar.

~ Warna Biru Tua untuk Seragam (SMP)

Memasuki usia fase remaja, atau ada di usia 13-16 tahun, anak-anak sudah mulai masuk sekolah SMP. Mereka akan mengenakan seragam berwarna biru tua atau biru dongker untuk bawahannya. Ini menandakan sifat percaya diri dan sudah mulai mandiri.

Itu artinya, ketika berada di fase ini, siswa SMP seharusnya sudah mulai untuk bertanggung jawab dan mandiri atas kewajibannya, tidak seperti anak SD yang masih banyak ‘disuapi’ karena sesuai dengan perkembangan usia mereka.

~ Warna Abu untuk Seragam SMA

Memasuki usia siswa SMA, anak-anak sudah terbilang dewasa awal, bahkan sudah mulai menemukan jati dirinya dan menentukan langkah berikutnya ketika masa sekolahnya berakhir.

Oleh karena itu, warna abu-abu pada siswa SMA ini melambangkan kemandirian dan kedewasaan. Mereka cenderung lebih serius dan bijaksana dalam mengemban tugas.

Itulah arti dan makna warna seragam sekolah yang banyak digunakan di Indonesia. Nah, untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam membuat seragam, SLM Konveksi bisa membantunya.

Open chat
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?